.

.

Monday, October 10, 2011

SPSS (Sharing Pengalaman Seputar Skripsi) Versi I

DAFTAR PERTANYAAN & JAWABAN (STUDI KASUS : MAHASISWA STIS)
1. Bagaimana cara cepat memperoleh topik ?
Topik bisa diperoleh dengan cara :
  • Mendatangi direktorat-direktorat yang ada di BPS lalu tanya pekerjaan apa yang belum terkomputerisasi atau apakah membutuhkan program untuk mengolah data dan membantu pekerjaan direktorat.
  • Bertanya kepada kakak tingkat tidak hanya kakak tingat yang baru lulus saja tapi juga yang sudah bekerja.
  • Membaca website yang memberikan akses untuk melihat atau mendownload jurnal atau tulisan-tulisan ilmiah.
  • Pergi ke perpustakaan BPS, universitas lain atau ke LIPI. Baca Publikasi BPS, jurnal, koran, skripsi, tesis, ataupun headline berita tentunya yang terkait di setiap jurusan.
2. Bagaimana menentukan metodologi dan teknik analisis untuk skripsi ?
Pelajari skrisi-skripsi sebelumnya dan konsultasi ke dosen yang memahami metodologi. Kalau KS menentukan metodologi mudah. Metodologi yang sering dipakai adalah Design Research,    Waterfall, Business Process Recycle(BPR). Mungkin yang menjadi pertanyaan lagi bagi mahasiswa KS adalah bagaimana menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tips untuk memilih bahasa pemrograman yaitu :
  • Lihat topik yang akan kita ambil, sesuaikan dengan topik tersebut.
  • Lihat Kemampuan diri.
  • Lihat Kebutuhan BPS di masa yang akan datang. BPS sedang mereformasi program yang tidak berbasis Java ke program yang berbasis Java.
3. Apakah yang kira-kira menjadi nilai tambah dari hasil skripsi, termasuk yang ditekankan dosen?
Kuncinya ada pada 2M(Masalah dan Metodologi). Keduanya harus benar-benar kita kuasai. Jika 2M nya bagus maka dengan sendirinya skripsi kita memiliki nilai tambah. Pada saat seminar dan sidang pertayaan yang diajukan juga tak lepas dari 2M.
Untuk jurusan KS, yang menjadi nilai tambah biasanya dari sisi programnya. Pertama apakah program tersebut bisa dikatakan jarang ada yang membuat, apakah program tersebut menggunakan teknologi baru, dan yang jelas program tersebut harus bermanfaat baik bagi STIS maupun BPS.

1 comment: