.

.

Saturday, October 15, 2011

Belajar HTML

HTML yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusus dokumen-dokumen web.HTML dapat dibuka,diedit dengan Notepad di Windows. Dokumen HTML disimpan dalam format text reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi peintah-perintah yang dispesifikasikan.Dalam arsiteksur web terdiri dari 3 komponen,yaitu :
a. HyperText Markup Language(HTML)
b. Universal Resource Identifier(URI)
c. HyperText Transfer Protocol(HTTP)

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai HTML yang mungkin sudah banyak yang bisa. Tapi tidak mengurangi semangat saya untuk sharing pengetahuan seputar HTML kepada para pembaca yang mungkin masih pemula atau masih belum tahu tentang HTML dan pengen mempelajarinya. HTML terdiri dari 3 bagian dasar dan menggunakan tag-tag < > ,tidak case-sensitive artinya tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, akan tetapi saya sarankan memakai huruf kecil. Struktur dasar HTML :

<html>
<header>
      <title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
</header>
<body>
                Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>

Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Tag
Adalah teks khusus(markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body. Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" seterlah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

b.Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada browser digunakan element title, dimana :

<title>ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya. Contoh penulisan tag-tag yang benar :

<p>
    <b>
        .............................
   </b>
</p>

Contoh penulisan tag-tag yang salah :
<p>
   <b>
     .............................
   </p>
</b>

</to be continued.>

No comments:

Post a Comment